Februari 21, 2015

Si Wanita Tangguh

Gw bertemu dengan mereka di waktu yang berbeda-beda. Karena satu dan lain hal menjadi dekat dan gw menyebut mereka sebagai sahabat. Apa definisi sahabat menurut lo? Kalau menurut gw sahabat itu ga harus ketemuan setiap saat karena kita punya kesibukan masing-masing seiring hidup yang semakin dewasa, tapi komunikasi terhadap satu sama lain ga akan pernah putus... Karena mereka ada di hati kita. Walau jarang bertemu, saat bertemu menjadi waktu yang sangat berharga dan tanpa ada jeda waktu, suasana akan langsung mencair karena hati kita sudah tertaut satu sama lain.



Dia... Salah satu sahabat gw yang apa adanya... Bisa jadi pengingat gw dengan kata-katanya yang ga pake tedeng aling-aling. Berkata dengan jujur dan kadang menyakitkan. Tapi itu yang gw butuhkan dari dia... Seseorang dengan realitas kehidupan yang tidak selalu indah. Dia salah satu sosok wanita tangguh yang pernah gw kenal.



Gw kadang ga ngerti kenapa Allah suka mempertemukan gw dengan orang-orang dengan background yang kurang lebih sama. Kami dilahirkan untuk menjadi wanita yang kuat, mengetahui realitas-realitas kehidupan yang tidak mudah, dan kami dituntut untuk memperbesar kesabaran pada diri kami...



Singkat cerita malam itu... Kami bertemu... Sudah lama kami tak bertemu. Dia dengan senyumnya yang ceria, dengan pembawaannya yang dewasa, walau kami berusia sama...

Tak kuduga ia membawa kabar buruk yang berkaitan dengan kisah hidupnya... Dia, dengan tenangnya menceritakan kisah dirinya yang membuatku terasa terhujam panah dari belakang.. Ia sedang dalam keadaan yang tidak baik.



Sudah beberapa kali gw merasakan hal menyakitkan yang berimbas pada diri gw sendiri walau gw tidak mengalaminya. Kata orang, itu namanya empati.

Gw nangis saat mendengar ceritanya, walau ia bercerita dengan tegar dan sabar. Bahkan gw gatau kalau gw ada di posisi dia apakah gw bisa sekuat dia.



Gw ga bisa cerita apa masalahnya. Tapi yang jelas itu salah satu masalah paling berat dalam hidupnya. Keputusan besar yang harus dia ambil walau konsekuensinya pun besar.



Wahai sahabatku...

Kau sangat kuat... Sungguh aku salut padamu...

Dalam keadaan terpuruk kau tetap bangkit berdiri dengan kuatnya

Kau tahu bahwa Tuhan tidak akan menutup mata atas perjuanganmu

Kata-kata yang selalu kita yakini... "semua akan indah pada waktunya", tak pernah luntur dalam keyakinanmu...

Wahai sahabatku...

Aku hanya bisa berdoa kebahagiaan itu akan kau dapatkan suatu hari nanti...

Itu pasti...

Kau dengan segala kesabaran dan ketabahanmu

Kau dengan kebaikanmu...

Tuhan selalu menyayangimu

Tuhan terlalu sayang padamu sehingga kau selalu diuji untuk menjadi semakin kuat...

Wahai sahabatku...

Kau salah satu panutanku...

Wanita tangguh yang tak pernah mengeluh

Wanita tangguh yang akan segera bangkit setelah jatuh terperosok di jalan berkerikil

Wanita tangguh yang selalu kembali melihat ke depan

Menyongsong kebahagiaan yang Tuhan janjikan



Kupersembahkan tulisan ini untuk dia, Si wanita tangguh...

Kupersembahkan pula untuk wanita-wanita yang terlahir di dunia ini

Bahwa seorang wanita... Harus memiliki kebesaran hati, kesabaran, dan ketabahan...

Apapun masalah yang kau hadapi, ingatlah kau tak sendiri...

Masih banyak wanita-wanita lain berjuang di saat dan tempat yang berbeda...

Jangan pernah menyerah...

Karena orang yang menang adalah orang yang tak pernah menyerah dalam menghadapi segala keadaan yang ada...



Untuk wanita-wanita tangguh itu

Semua akan indah pada waktunya



All the best



Nidya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar